Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Darurat Corona, PBNU Dorong Lebaran Tanpa Mudik

  • Oleh Teras.id
  • 29 Maret 2020 - 23:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU mendorong perayaan hari raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini dilakukan secara online melalui telepon atau panggilan video. Anjuran ini disampaikan karena cara tersebut dinilai yang paling rasional ketimbang melakukan kegiatan pulang kampung atau mudik di tengah wabah virus Corona.

Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas, menyatakan, meski di luar kebiasaan, berlebaran secara daring atau online melalui telepon atau panggilan video sebagai cara terbaik saat ini. Terlebih, virus Corona berbahaya karena tiga hal.

"Pertama, kecepatan penyebarannya. Kedua, gejalanya yang tidak mudah terdeteksi oleh orang yang terinfeksi. Ketiga, ketidaktahuan orang yang terinfeksi, sehingga orang yang terinfeksi adalah carrier dan tanpa sadar menyebarkan virus ke tempat dan kepada orang lain," ujar Robikin, seperti dikutip dari keterangan resmi, Ahad, 29 Maret 2020.

Robikin menyebutkan, sebagai muslim harus bersikap adil dan proporsional.

"Adil dan proporsional baik dari aspek akidah, ibadah maupun muamalah," katanya.

Selain itu, muslim seyogyanya takut hanya kepada Allah, bukan selainnya. Namun begitu, muslim juga tidak boleh meninggalkan perintah agama untuk melakukan ikhtiar baik secara preventif maupun kuratif.

Robikin menggarisbawahi bahwa melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah telah memperpanjang masa darurat bencana wabah virus Corona hingga 29 Mei 2020. "Itu artinya hingga 5 hari setelah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini."

Penetapan masa darurat ini, kata Robikin, tentu dengan pertimbangan dan perhitungan matang. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak bersama-sama mendisiplinkan diri demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Caranya, dengan tidak mudik lebaran tahun ini.

"Silaturahim Idul Fitri tetap kita lakukan. Namun secara daring, online, melalui teknologi komunikasi. Video call dari tempat tinggal masing-masing. Lebaran di tengah virus Corona daring saja," ujar Robikin.

Dengan sikap disiplin untuk tetap di rumah dan menjaga jarak fisik dalam situasi saat ini sangat membantu penanggulangan penyebaran Covid-19.

Berita Terbaru