Industri Rumah Tangga Desa Bangun Harja Patut Dikembangkan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 04 April 2020 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Produk industri rumah tangga  di Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, sangat layak untuk dikembangkan.

 

Penilaian ini, disampaikan anggota DPRD Seruyan Bejo Rianto, menurutnya produk-produk dari industri rumah tangga yang ada di Bangun Harja itu sangat potensial sekali untuk dikembangkan dan dipasarkan secara lebih luas.

 

Berbagai macam produk olahan dari desa tersebut, seperti keripik pisang, abon jantung pisang, serta olahan lainnya, saat ini telah di olah dengan berbagai macam varian dan rasa.

 

"Saya sudah mencoba sendiri beberapa produk olahan tersebut, menurut saya rasanya sangat luar biasa dan seharusnya sudah cocok untuk dipasarkan ke pasar industri yang lebih luas lagi," ujarnya, Sabtu, 4 April 2020.

 

Ia mengatakan, keberhasilan dari warga setempat dalam menciptakan produk-produk olahan tersebut tentu menjadi salah satu pertanda dari kreatifitas dan inovasi warga setempat untuk mengembangkan produk lokal sesuai dengan ciri khas wilayah masing-masing.

 

Dengan demikian, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari pangsa pasar dan pendistribusian yang lebih luas, sehingga produk tersebut bisa lebih dikenal dan memberikan efek positif terhadap perekonomian warga setempat.

 

Dalam mencari pasar yang lebih luas, Bejo Rianto berpendapat, diperlukan  adanya peran dari Pemerintah Daerah melalui intansi terkaitnya untuk bisa membantu pemasaran hasil produk industri rumah tangga tersebut. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru