Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonomi Kalteng Diperkirakan Alami Perlambatan karena Wabah Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 April 2020 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa di tengah merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 diperkirakan ekonomi Kalteng akan alami perlambatan.

"Merebaknya Covid-19 berdampak terhadap melambatnya perekonomian Global dan Nasional, tidak terkecuali Kalimantan Tengah," kata Rihando kepada Borneonews pada Kamis, 9 April 2020.

Ekonomi Global diprakirakan tumbuh sebesar 2,5% yoy pada tahun 2020, melambat jika dibandingkan prakirakaan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,0% yoy. Ekonomi Nasional diprakirakan tumbuh pada kisaran 4,2-4,6% yoy pada tahun 2020, melambat dibandingkan prakiraaan sebelumnya yang tumbuh pada kisaran 5,0-5,4% yoy.

"Sementara ekonomi Kalimantan Tengah diprakirakan tumbuh pada kisaran 5,6-6,0% yoy, melambat dibandingkan prakiraan sebelumnya yang berada pada kisaran 6,0-6,4% yoy, dan capaian tahun 2019 yang tumbuh sebesar 6,16% yoy," terangnya.

Dari sisi penawaran, melambatnya ekonomi Kalimantan Tengah diprakirakan bersumber dari sektor perdagangan yang terdampak langsung dari menurunnya aktivitas masyarakat di luar rumah.  

"Menurunnya aktivitas masyarakat juga mempengaruhi penurunan omset dari sejumlah hotel, dan restoran serta UMKM sehingga kinerja pada sektor akomodasi, makanan, dan minuman diprakirakan terkoreksi cukup signifikan dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru