Gugus Tugas Covid-19 Palangka Raya Bagikan 10.000 Liter Disinfektan Untuk Warga Mendawai

  • Oleh Hendri
  • 09 April 2020 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gugus Tugas Covid-19 Palangka Raya terus bergerak melakukan kegiatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Kali ini tim dengan menggunakan armada milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) membagikan cairan disinfektan untuk warga di Jalan Mendawai, Kamis 9 April 2020.

Kepala DPKP Kota Palangka Raya Gloriana Aden mengatakan, tim di lapangan telah mengatur teknis pembagian disinfektan agar warga yang mengantre tidak berdesak-desakan dan tetap tertib saat menerima pembagian tersebut.

"Alhamdulilah warga mau mengerti dan menurut. Petugas yang bergerak untuk mengambil dan mengantar desinfektannya, sementara warga menunggu dengan tertib dan sabar," katanya.

Sebelum melaksanakan kegiatan petugas DPKP juga sudah berkoordinasi dengan Camat, Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas untuk pengamanan dan ketertiban di lapangan.


"Sesuai dengan maklumat Kapolri dan Pemerintah serta Protokol Covid-19 agar warga tidak berkerumun, tidak rebutan, tidak berdempet tetapi tertib dan menjaga jarak hal itu terus disampaikan petugas kepada warga. Hari ini di Mendawai dibuat batas menggunakan tali," tuturnya.

Hari ini lanjut dia, merupakan hari ke 24 DPKP bekerja di lapangan. Tugas bidang penyelamatan menurunkan regu rescue DPKP dan dibackup penuh oleh Danru Damkar 1,2 dan 3 beserta anggota serta didampingi oleh semua pejabat esselon 3 Sekretaris hingga Kepala Bidang.

DPKP bekerja berdasarkan jadwal yang dibuat oleh BPBD sebagai leading sektor penanganan Covid-19 dan DPKP masuk dalam Satgas tersebut.

"Untuk percepatan penanganan Covid-19 ini, DPKP menurunkan armada tempur yang besar. Yaitu PS 190 - 10.000 liter, PS 125 - 5000 liter dan tandon dengan volume 1.200 liter," jelas Gloriana.

Armada besar tersebut diperuntukan untuk penyemprotan jalan dan  di komplek permukiman langsung dioperasionalkan oleh anggota damkar dipimpin Kabid Ops Pemadaman Rudy Untung bersama Danru  Damkar Yulieter  dan Sugianto.

Berita Terbaru