Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Rapid Test 6 Orang di Barito Selatan Terindikasi Terpapar Covid-19

  • Oleh Uriutu
  • 09 April 2020 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan Dinas Kesehatan Barito Selatan dengan UPTD puskesmas terhadap 6 orang terindikasi terpapar corona virus disease atau Covid-19.

"Tiga orang sudah dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 3 orang lainnya sedang dirawat diruang isolasi RSUD Jaraga Sasameh Buntok," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kes Barito Selatan, Zainah Rusiana, Kamis 9 April 2020 malam.

Ia mengatakan ke 6 orang ini telah dilakukan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut. "Namun mereka masih berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP," kata Bagian Call Center COVID 19 Barito Selatan ini.

Karena hasil rapid test itu hanya dilakukan untuk menapis, dan jika hasil rapid testnya positif, maka yang bersangkutan perlu dilakukan isolasi.

Untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kembali dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan swab tenggorokan untuk menentukan apakah negatif atau positif tertular Covid-19.

Sebab negatif palsu dan positif palsu hasil rapid test cukup tinggi dan jangan heran kemudian jika ada orang yang positif menurut rapid test, tapi negatif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR, demikian juga sebaliknya.

Rapid test dilaksanakan bersama UPTD puskesmas terhadap 39 orang yang terdiri dari 30 orang masuk dalam daftar cluster Gowa dan 9 orang lainnya berangkat sendiri atau ikut rombongan lain menghadiri kegiatan ijtima ke Gowa, Sulawesi Selatan.

Sementara itu bagi mereka yang hasil rapid testnya negatif diminta agar melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya selama 14 hari untuk memantau perkembangannya.

Ia mengimbau kepada warga Barito Selatan yang datang dari ijtima di Gowa bisa bekerjasama dengan mendatangi fasilitas kesehatan untuk melaporkan kondisinya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru