Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Glenn Fredly Meninggal Karena Meningitis: Yuk, Kenal Lebih Dekat Penyakit Meningitis

  • Oleh Inilah.com
  • 10 April 2020 - 08:20 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Radang selaput otak atau meningitis adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi pada lapisan otak atau urat syaraf tulang belakang.

Menurut Dr. Frandy Susatia, SpS, seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima, Jakarta, Kamis, (09/04/2020), ada beberapa penyebab timbulnya penyakit tersebut.

"Penyebabnya yaitu adanya virus, bakteri, atau jamur yang menyebar ke aliran darah kemudian sampai ke dalam cairan otak," katanya.

Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya karena apabila dibiarkan bisa terjadi pembengkakan otak, cacat permanen, koma hingga dapat mengakibatkan kematian. Baik orang dewasa maupun anak kecil dapat terserang penyakit ini.Terdapat tiga macam meningitis, yakni viral meningitis, bacterial meningitis, dan meningitis triptokokus.

Viral meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan masih tergolong ringan. Gejalanya pun hampir mirip dengan flu biasa dan penderita bisa sembuh dengan sendirinya.

Kemudian, bacterial meningitis. Jenis penyakit ini berbeda dengan sebelumnya dan tergolong berat. Salah satu bakterinya bernama meningococcal bacteria.

Terakhir, meningitis triptokokus. Seperti namanya, penyakit ini disebabkan oleh jamur triptokokus. Jamur ini menyerang otak karena manusia menghirup debu dari kotoran unggas yang sudah kering.

"Adapun gejala seseorang yang terkena meningitis adalah demam, kekakuan otot leher, sakit kepala yang berkepanjangan, kejang perut, penglihatan terganggu dan mudah silau, atau rasa mual yang berkepanjangan," tambahnya.

Masih menurutnya, jika mengalami tanda-tanda seperti yang telah disebutkan tadi maka segeralah ke dokter.

"Penangan terhadap penyakit ini cukup akurat dan pasien akan diberikan antibiotik sesuai dengan bakteri penyebabnya," ujarnya.

Berita Terbaru