Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Gunakan Dana Insentif Daerah Atasi Ekonomi Dampak Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 April 2020 - 00:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memastikan pemerintah daerah memberikan perhatian besar bagi pengendalian wabah Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya.

"Untuk penanganan dampak sosial dan dampak ekonomi Covid-19 ini kita akan menggunakan dana insentif daerah," katanya, Jumat 10 April 2020 malam.

Menurutnya, penanganan dampak ekonomi akan dilakukan pemerintah kabupaten dengan pemberian bantuan kepada warga miskin yang terdampak dan tidak terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kementerian Sosial.

"Semua warga miskin kita akan usahakan mendapatkan bantuan, termasuk petani karet yang tidak mampu, buruh penyadap maupun karyawan yang terkena PHK tapi tidak menerima pesangon," imbuhnya.

Selain menggunakan dana insentif daerah untuk bansos dari pemerintah kabupaten, Ampera juga menjelaskan akan ada bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta dana desa yang dialihkan untuk bantuan sosial atau bansos.

"Jika masih kurang Minggu depan kita menyisir lagi anggaran di dinas yang tidak terlalu penting seperti perjalanan dinas dan ATK untuk dialihkan ke bansos," katanya.

Jika keadaan ini terus berlanjut dalam beberapa bulan ke depan, maka pemerintah kabupaten akan menunda lebih banyak lagi kegiatan bahkan pembangunan fisik agar anggaran dapat digunakan bagi penanganan dampak Covid-19.

Ampera menegaskan agar kepala desa dan lurah mendata dengan baik warga miskin di wilayahnya agar tidak ada data ganda penerima bansos serta warga yang menerima bansos adalah warga benar-benar berhak atas bantuan tersebut.

"Nanti kita juga akan membuat operasi pasar terbatas. Saya berharap untuk saat ini masyarakat tetap tenang dan mematuhi semua anjuran pemerintah terkait pencegahan penularan Covid-19," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru