Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Kebut Produksi 20 Ribu Masker untuk Masyarakat Secara Gratis

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 11 April 2020 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Produksi 20 ribu lembar masker yang dipesan Pemkab Lamandau hingga kini terus dikebut. Rencananya, masker akan dibagikan ke masyarakat secara gratis dalam waktu dekat.

"Hingga saat ini produksinya masih berlangsung, kita juga telah meminta agar para pembuat masker mempercepat produksinya, sehingga barang dapat segera didistribusikan ke masyarakat," kata Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, Sabtu 11 April 2020.

Dalam upaya mempercepat produksi masker yang akan disebar ke masyarakat, pemkab Lamandau sengaja menggandeng dan memberdayakan sedikitnya 15 tukang jahit lokal. Meskipun dalam prosesnya ada beberapa pengrajin yang menemui kendala saat proses produksi berlangsung, seperti sulitnya beberapa bahan baku.

"Dari 20 ribu lembar masker yang kita pesan, informasi hingga hari ini sudah ada ribuan yang jadi. Masker yang sudah jadi akan mulai kita distribusikan hari Senin (13 April 2020)," kata Bupati yang juga merupakan ketua gugus tugas Covid-19 kabupaten Lamandau itu.

Diketahui, 20 ribu masker gratis untuk tahap awal itu adalah masker berbahan kain dengan kualitas standar. Program masker gratis itu juga sebagai salahsatu upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlebih penggunaan masker dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 telah resmi dianjurkan pemerintah pusat serta direkomendasikan WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Pemkab Lamandau sengaja memilih masker kain dengan harapan tepat manfaat. Masker kain dinilai mudah untuk dicuci sehingga dapat digunkan berulang kali dalam jangka waktu yang lama. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru