Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tarif Air PDAM Kapuas akan Digratiskan 3 Bulan untuk Pelanggan Menengah ke Bawah Terdampak Covid-19

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 April 2020 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tarif Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Kapuas akan digratiskan sementara, yakni selama 3 bulan mendatang. Berlaku bagi pelanggan kalangan menengah ke bawah, terdampak ekonominya karena pandemi virus corona atau covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bahwa ini sebagai kepedulian pemerintah daerah terhadap pelanggan, atau masyarakat setempat, sehingga diharapkan dapat meringankan beban, dan memanfaatkan air untuk menjaga kebersihan.

"Berkaitan dengan kondisi ini Pemkab Kapuas memutuskan akan membebaskan pelanggan PDAM tarifnya gratis untuk tipe tertentu, yakni masyarakat kalangan menengah ke bawah," ucap Ben Brahim S Bahat di Aula Bappeda Kapuas pada Selasa, 14 April 2020.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan untuk pelanggan mana yang berhak menerima pembebasan tarif air tersebut masih akan dilakukan pendataan oleh PDAM Kapuas.

"Dan ini sedang di data oleh PDAM ini, nanti gratis dari bulan April, Mei, dan Juni," katanya.


"Siapa yang sudah terlanjur membayar bulan ini nanti akan dikembalikan uangnya tinggal ambil ke PDAM. Karena dananya sudah tersedia," lanjut dia.

Menurut Ben itu penting diberikan karena air sangat penting untuk mendukung kebersihan, itu saja pertimbangannya. Tapi masyarakat juga harus mengirit.

"Yang paling penting ketersediaan air bersih dapat melakukan hal-hal untuk ke arah kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun," tuturnya.

Selain itu, pihaknya pun sudah mulai bergerak untuk membantu sekitar 45 ribu KK yang dibantu berupa sembako, dan programkan untuk sementara 4 bulan, rencananya mulai Bulan April ini.

"Ini kita bantu sembako untuk membantu masyarakat karena di rumah saja karena pandemi covid-19 ini. Sehingga mereka ada jaminan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru