Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Kapuas Mampu Produksi Masker Kain 100 Lembar Perhari

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 April 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Enam orang Warga Binaan Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas mampu memproduksi masker kain 100 lembar perharinya. Produksi tersebut untuk memenuhi orderan dari masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Salmani, salah satu warga binaan mengatakan, dirinya bersama lima warga binaan lainnya bergotong-royong membuat masker pesanan masyarakat Kapuas dengan total 1000 lembar.

"Sudah empat hari ini berjalan dan baru memproduksi 400 lembar masker kain," ucap Salmani kepada wartawan disela mengerjakan masker kain di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Senin, 20 April 2020.

"Jadi untuk 1 hari bisa menyelesaikan sekitar 100 lembar masker kain," lanjut dia.

Salmani menuturkan, sebelumnya ia memang sudah memiliki keterampilan menjahit. Apalagi ditambah dengan pembinaan yang diberikan oleh pihak Rutan, maka akan semakin meningkatkan kemampuannya. "Sehingga saat ada pesanan ini kami siap untuk mengerjakannya," katanya.

Sementara itu, Staff Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Arena Norhalini mengatakan ada enam orang warga binaan yang sudah dilatih menjahit membuat masker sebelumnya. "Iya, tiap harinya warga binaan dapat memprodusksi hingga 100 lembar masker kain," ucap Arena.

Hanya saja, lanjut dia untuk kendala saat ini ada pada minimnya mesin jahit yang hanya tersedia 3 mesin saja, sehingga dapat mempengaruhi proses produksi pembuatan masker kain tersebut.

"Tapi ini cukup untuk kami dalam menerima pesanan masker dari masyarakat secara penuh atau hanya jasa pembuatannya saja sedangkan bahan dari masyarakat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru