Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketahanan Pangan Harus Dimulai dari Lingkup Keluarga, Kata Heru

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 April 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mantan anggota DPRD Kalteng, Heru Hidayat menyebut ketahanan pangan penting dilakukan. Bahkan ia menilai harus dimulai dari ruang lingkup terkecil yakni keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

"Tanaman yang ditanam adalah jenis tanaman yang mudah dan menjadi kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, ubi-ubian, dan lainnya," kata Heru Hidayat.

Ketua PKS Kalteng ini pun mengajak seluruh masyarakat dan keluarga untuk melakukan gerakan keluarga menanam tanaman holtikultura. "Minimal sebanyak jumlah anggota dalam keluarga," ungkapnya.

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini, Heru menilai dampaknya sangat terasa bagi sebagian masyarakat. Terutama masyarakat yang bekerja disektor informal. 

Kondisi ini, lanjutnya, tentu saja sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, perlu untuk saling membantu dan menumbuhkan rasa empati.

Selain upaya pencegahan seperti meningkatkan daya imunitas, berada di rumah, biasakan cuci tangan, menggunakan masker dan lainnya, perlu juga diperhatikan adalah mengenai kebutuhan pokok sebagian masyarakat.

Selain itu, sambungnya, perlu ada upaya membangun ketahanan pangan di tingkat keluarga seperti menanam tanaman hortikultura di halaman rumah atau lahan yang bisa dimanfaatkan.

Dia menambahkan, setiap keluarga bisa menanam dengan memanfaatkan lahan atau halaman sekitar rumah sehingga lebih mudah untuk pemeliharaan. 

"Bisa menggunakan pola hidroponik sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas," tutur Heru. (BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru