Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buatlah Rutinitas untuk Cegah Cabin Fever

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 April 2020 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tenaga Psikolog Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya, Kila Lavina menyarankan masyarakat untuk membuat rutinitas saat berdiam diri di rumah saja pada masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini harus dilakukan menurut Kila untuk mencegah bahkan menghindari gangguan cabin fever.

"Cabin Fever itu kan gangguan emosi atau perasaan sedih yang muncul akibat terlalu lama terisolasi atau terkurung di suatu tempat dalam kurun waktu yang lama. Jadi jangan jadikan work from home atau bekerja dari rumah sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Buatlah rutinitas," kata Kila kepada Borneonews pada Rabu, 29 April 2020.

Rutinitas ini, lanjut Kila, haruslah kegiatan yang bisa menjaga jadwal sehari-hari. "Misalnya, tetaplah bangun atau mandi di pagi hari, supaya tubuh dan pikiran tetap terjaga. Kemudian, bekerjalah di depan laptop, layaknya sedang berada di kantor. Tapi ingatlah jam istirahat. Jangan malah bekerja dari rumah membuat lupa dengan jam istirahat," pesannya.

Selain itu Kila mengingatkan agar masyarakat tetap berpikiran positif dan menjauhi pikiran negatif dan pesimistis selama pandemi Covid-19 ini.

"Awal-awal kita diminta untuk diam di rumah saja kan kita kebanyakan mensyukuri bahwa akhirnya kita punya waktu untuk bersama keluarga, punya waktu untuk memasak dan mengurus rumah. Nah saran saya, kembali lagi ke pikiran itu. Mungkin agak sulit karena kita sekarang lebih dari sebulan sudah diminta untuk di rumah saja, tapi harus kita usahakan supaya selalu berpikiran positif," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru