BST Warga Kobar Sebagian Besar Tersalurkan Sebelum Lebaran

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Mei 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan salah satu program jaminan pengaman sosial dari pemerintah pusat, untuk masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagian besar telah tersalurkan sebelum lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Kepala Dinas Sosia Kabupaten Kobar Ir. H. Akhmad Yadi mengatakan, sebagian besar BST sudah tersalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, dengan berjalan lancar dan tertib.

"Kami mengusahakan penyaluran BST ini, sebelum hari raya idul fitri tahun ini sudah diterima langsung oleh masyarakat yang berhak," ujarnya, Senin, 25 Mei 2020.

Disampaikannya, bahwa BST ini merupakan salah satu program jaminan pengaman sosial dari pemerintah pusat, yang diberikan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Adapun jumlah penerima BST yang ditargetkan pemerintah pusat untuk Kobar, berjumlah 6.165 keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan ini diberikan selama kurun waktu 3 bulan terhitung sejak bulan April, Mei dan Juni 2020.


“Adapun penerima manfaat diutamakan adalah data kelompok miskin yang masuk di data Kemensos, kemudian sisanya bisa disertakan pembaruan data dari pemerintah daerah, dengan memperhatikan keakuratan data agar tak terjadi data tumpang tindih,“ ungkapnya.

BST ini disalurkan melalui kerjasama Perbankan da rekening dan POS. Khusus Pos, melaksanakan dengan 3 metode yaitu diantar langsung ke penerima, diambil dengan datang langsung ke Kantor Pos atau pengambilan dalam 1 kelompok.

Dalam penyaluran BST, Dinsos telah mengimbau pula kepada dinas terkait, seperti Kantor POS Indonesia dan sejumlah perbankan yang ditunjuk agar selalu menaati protokol kesehatan. Guna memutus penyebaran covid-19. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru