Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Dharma Lautan Utama Cabang Sampit Siap dan Dukung Penerapan New Normal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Mei 2020 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) siap dan selalu mendukung apapun kebijakan pemerintah pusat, begitu juga dengan penerapan new normal atau tatanan kenormalan baru, ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Kalau pemerintah pusat memutuska penerapan new normal, kami mendukung dan kami sebagai perusahaan pelayaran yang melayani angkutan laut siap menjalankan aturan pemerintah," ujar Kepala PT DLU Cabang Sampit Hendrik Sugiharto, Sabtu, 30 Mei 2020.

Jika new normal diterapkan, pihaknya juga siap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Apalagi selama ini setiap karyawan, anak buah kapal (ABK), sopir truk pengangkut logistik, dan juga penumpang yang menggunakan jasa PT DLU harus melakukan rapid test.

"Terutama para karyawan dan ABK juga rutin melakukan rapid test. Sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19," katanya.

Prosedur juga akan tegap dilakukan, seperti penumpang dan seluruh ABK juga harus menggunakan masker, penerapan physical distancing, pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disingektan di ruangan kapal maupun kantor, dan juga memberikan hand sanitizer bagi sopir truk.

Selain itu, karyawan juga wajib menggunakan APD level I. Begitu juga rutin mengkonsumsi bitamin, jamu, dan jus buah bagi karyawan dan ABK. Bahkan setiap pukul 10.00 WIB pagi, mereka diwajibkan berjemur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Yang pasti, penerapan protokol kesehatan di kapal menjadi sebuah kebutuhan. Tujuannya untuk melindungi karyawan dan pengguna jasa layanan kapal kami," terangnya.

Sementara beberapa waktu lalu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, mengungkapkan bahwa Kotim bisa menerapkan new normal. Karena dilihat dari perkembangan kasus dan grafik terkait Covid-19.

"Di Kotim tren kasus sudah mulai turun. Dan kenaikan tidak cukup signifikan. Sehingga bisa saja menerapkan new normal," terang Sugianto saat datang ke Sampit, Kamis, 28 Mei 2020.

Dia juga menyebutkan ada beberapa kabupaten yang bisa terapkan new normal seperti Kabupaten Sukamara, Barito Utara, Barito Selatan, Seruyan, Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru