Curah Hujan di Katingan Mulai Berkurang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Mei 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan sejak dua pekan terakhir mulai berkurang. Meski kadang turun hujan, namun hujan yang ada tidak lebat alias rintik-rintik dengan durasi juga hanya sebentar.

Sementara dari pantauan seiring curah hujan turun ini menyebabkan cuaca di wilayah  Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir terasa cukup panas.

Curah hujan yang mulai jarang ini juga menyebabkan daerah aliran sungai atau DAS Katingan mulai menyurut.

Seperti Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan di Kasongan, tampak permukaan air yang sebelummya hampir menyentuh bibir sungai bahkan kadang meluap ke permukaan, kini kondisinya turun lebih dari satu meter.

Kondisi panas juga dimanfaatkan sebagian warga membersihkan lahan atau kebun mereka masing-masing dari semak belukar.

Bekas pembersihan lahan atau kebun warga ini menyebabkan semak belukar ataupun kayu dan ranting serta rumput mengering. Namun sejauh ini belum ada terlihat kepulan asap akibat pembakaran lahan maupun pekarangan warga skala besar.

Warga memprediksi jika cuaca dalam sepekan kedepan masih terus panas, tidak menutup kemungkinan Sungai Katingan terus akan menyurut, dan tidak menutup kemungkinan ditemukan titip panas.

"Sepertinya musim kemarau sudah datang, ini terlihat sudah jarang ada hujan, meski kadang hujan tidak lebat dan hanya berlangsung sebentar," kata Heri, warga Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru