Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Handil Sohor Diresahkan Adanya Serangan Buaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Juni 2020 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam beberapa hari ini warga Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diresahkan dengan adanya serangan buaya terhadap ternak dan warga yang beraktivitas di sungai.

"Kami menerima laporan dari warga bahwa selain ternak juga ada warga yang diserang buaya saat mandi di lanting. Beruntung tidak apa-apa," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Jumat, 05 Juni 2020.

Berdasarkan keterangan warga, buaya di Sungai Handil Sohor ada beberapa ekor. Dari yang pendek dengan panjang sekitar 1 meter hingga yang terbesar dengan panjang sekitar 3 meter.

"Buaya yang terlihat juga ada dua jenis yaitu buaya muara dan buaya sapit," katanya. Sementara itu lokasi serangan buaya cukup jauh dari muara Sungai Handil Sohor.

Yakni sekitar 6 kilo meter dan berada di daerah transmigrasi. Lokasi sungai juga tidak terlalu lebar sekitar 6 meter dan arusnya pasang surut.

Menggapai laporan ini pihaknya akan melaporkan gangguan buaya tersebut ke pimpinan terlebih dulu dan menunggu arahan berikutnya.

"Kemungkinan nanti kami akan bawa alat jerat dan pancing. Sedangkan prangkap buaya tidak bisa dipasang, karena sungainya terlalu kecil dan dikhawatirkan mengganggu aktivitas warga," terangnya.

Sedangkan masyarakat diimbau selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di sungai. Karena ancaman hewan ini bisa kapan saja terjadi, sehingga upayakan kurangi beraktivitas di sungai. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru