MAN Kapuas Siap Sukseskan Penilaian Akhir Tahun Secara Online

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Juni 2020 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas siap menyukseskan Penilaian Akhir Tahun (PAT) menggunakan sistem online atau daring mulai 8-18 Juni 2020.

MAN Kapuas mengambil keputusan itu sebagai langkah yang diianggap tepat guna mengukur kemampuan siswa selama pembelajaran di rumah dalam rangka physical distancing, mengingat saat ini kasus sebaran covid-19 masih terjadi di Kabupaten Kapuas.

Tim Proktor yang juga panitia PAT Online MAN Kapuas, Bambang Irwandi, mengatakan pelaksanaan PAT online akan diikuti para siswa di rumah melalui smartphone atau laptop yang terhubung ke jaringan internet.

PAT online yang akan diikuti oleh 534 siswa kelas X dan XI MAN Kapuas ini rencananya akan menggunakan dua Virtual Private Server (VPS) dengan aplikasi Computer Based Test (CBT) untuk memperlancar pelaksanaan PAT.

“Keadaan pandemi ini menuntut kita untuk menggunakan sistem baru pelaksanaan PAT yaitu secara online, sehingga penerapannya pun diharapkan berjalan lancar dengan meminimalkan kendala yang dialami siswa mengingat pelaksanaannya dilakukan di tempat yang berbeda yaitu di rumah masing-masing siswa,” ucap Bambang Irwandi, Selasa, 9 Juni 2020.

"Sejumlah persiapan sudah dilakukan panitia pelaksana PAT online termasuk menggelar simulasi PAT online," lanjutnya.

Sementara itu Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi optimis dan berharap PAT berjalan dengan lancar dan sukses.

“Saya optimis dan berharap pelaksanaan PAT sistem daring ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ucapnya.

Ahmad Mulyadi juga mengucapkan terima kasih kepada panitia PAT dan semua guru MAN Kapuas yang sudah mendukung dan sudah bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dengan baik ditengah situasi sulit seperti ini.

"Ini adalah PAT online yang pertama dilaksanakan sebagai dampak Covid 19, dan dengan tetap semangat dan selalu menjaga kebersamaan, insya Allah PAT ini dapat berjalan dengan baik," katanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru