Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damkar Dapat Tambahan 1 Unit Mobil Atasi Karhutla Musim Kemarau

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Juni 2020 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mendapat tambahan 1 unit mobil pemedam kebakaran (Damkar). Dalam menghadapi Karhutla pada musim kemarau pada 2020. 

"Kami telah memepersiapkan satu unit armada baru untuk pemadaman kebakaran, dari pengadaan DBH DR APBD Kotim," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel. 

Armada yang baru tersebut merupakan jenis Ayaxx. Sehingga, total armada untuk penanganan Karhutla saat ini bertambah menjadi 5 unit. 1 berada di markas mereka, sedangkan 4 unit lainnya di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim. 

Saat ini, pihaknya telah memersiapkan armada dan juga petugas dalam menghadapi situasi saat musim kemarau nantinya. Karena, dalam beberapa tahun terakhir, setiap musim kemarau, akan terjadi Karhutla. 

"Namun tetap saja kita berdoa agar tidak terjadi Karhutla pada tahun ini," kata Rihel. 

Kemarau tahun 2020 ini diperediksi lebih cepat dibandingkan 2019 lalu. Bahkan diperkirakan kemarau yang terjadi merupakan kemarau basah. Sehingga pihanya berharap agar hal ini bisa meminimalisir terjadinya Karhutla. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru