Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gugus Tugas Covid-19 Pulang Pisau Ingatkan Masyarakat Hindari Kerumunan Saat di Pasar

  • Oleh James Donny
  • 12 Juni 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan atau GTPP Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo mengingatkan masyarakat untuk menghindari kerumunan pada saat berada di pasar. 

Hal itu dikatakan Muliyanto terkait kasus positif corona asal Desa Tanjung Sanggalang, Kecamatan Kahayan Tengah yang diketahui ada riwayat sering bepergian ke Pasar Besar Palangka Raya.

"Masyarakat agar selalu berhati-hati dan mematuhi protokol kesehatan apabila ke pasar," pesan Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau ini. 

Dia juga mengimbau masyarakat untuk selalu memakai masker, menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak. “Apabila ada kerumunan, tunggu dulu, lebih baik agak lama sedikit, tapi kita bisa menjaga jarak,” kata Mul.

Menurutnya, menunggu dengan menghindari kerumunan dan menjaga jarak akan mengurangi resiko terpapar virus corona yang kemungkinan dibawa oleh pengunjung lain di pasar.

“Jangan lupa juga untuk selalu memakai masker, cuci tangan dengan sabun pada air mengalir dan setibanya di rumah terapkan protokol kesehatan apabila mau masuk rumah,” katanya. 

Mayarakat, lanjut dia, tidak perlu takut untuk pergi ke pasar. Yang terpenting saat ke pasar harus selalu waspada, berhati-hati dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Muliyanto mengatakan dari penelusuran terhadap pasien positif Covid-19 asal Desa Tanjung Sanggalang, Kecamatan Kahayan Tengah yang bertambah kemarin, ternyata ada riwayat sering ke Pasar Besar Palangka Raya. "Bahkan dalam sehari bisa dua sampai tiga kali ke sana,” katanya. 

Dari beberapa daerah, kasus Covid-19 cukup banyak pada klaster pasar, seperti yang ada di Kota Palangka Raya (pasar besar), Banjarmasin dan daerah lainnya. (JAMES DONNY/B-7) 

Berita Terbaru