Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TNI-Polri di Gunung Mas Siaga Karhutla

  • Oleh Rokim
  • 18 Juni 2020 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polres Gunung Mas mengadakan apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, karena saat ini mulai memasuki musim kemarau.

Apel gabungan yang diadakan di halaman Polres Gunung Mas, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir ini diikuti personel TNI dan Polri.

Dalam sambutannya Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman mengatakan berdasarkan data pada 2019 di wilayah Kalteng mengalami kebakaran lahan yang sangat besar, sehingga menyebabkan beberapa negara tetangga terimbas asap.

Salah satu contohnya Negara Malaysia menuntut Indonesia ke pengadilan internasional karena mengalami kerugian akibat kabut asap dan kebakaran lahan.

Kapolres menyebut berdasarkan data, akibat dampak kabut asap mengalami penurunan ekonomi sampai 10 persen. Dampak lainnya terhadap pendidikan di Kalteng diliburkan sampai 1 bulan akibat asap yang mengganggu kesehatan.

Agar musibah Karhutla di 2019 tidak terulang lagi di 2020 ini, maka jajaran Polri dan TNI mulai saat ini mulai siap siaga dalam pencegahan Karhutla.

Sementara itu itu Perwira Penghubung Kodim 1016 Palangka Raya di Kabupaten Gunung Mas Kapten Inf M. Ayyuf menambahkan terjadinya Karhutla karena kondisi lahan menjadi kering dan adanya kelalain atau kesengajaan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

"Besar harapan saya kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kapolsek, Danramil, kapolres dan Dandim jajaran untuk bersenergi dalam mencegah terjadinya Karhutla di Kalteng melalui pemetaan wilayah, simulasi dan latihan pemadaman api, galang potensi masyarakat, penyuluhan, dan giatkan patroli TNI - Polri," sebutnya. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru