Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas Ikut Tanam Padi Periode Musim Tanam Asep

  • 24 Juni 2020 - 20:00 WIB

BORNRONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menghadiri sekaligus ikut melakukan Gerakan Tanam Padi Periode Musim Tanam asep di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

Kegiatan yang digelar Dinas Pertanian Gunung Mas ini juga dihadiri Wakil Bupati, Efrensia Lp Umbing, Ketua TP PKK, Mimie Mariatie Jaya S Monong, Wakil Ketua I DPRD, Binartha dan tamu undangan lainnya Rabu, 24 Juni 2020.

Dalam sambutannya Jaya S Monong mengatakan gerakan tanam padi sawah periode musim April sampai September ini sebagai bentuk mendukung pemerintah sekaligus untuk upaya peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Gunung Mas.

"Selain itu gerakan tanam padi sawah yang merupakan bagian dari program smart Agro ini adalah salah upaya untuk memotivasi petani agar segera kembali turun ke sawah melakukan pengolahan tanah dan penanaman padi," ucapnya.

Dia menuturkan tahun ini peningkatan luas tambah tanam atau LTT dan peningkatan indeks panen atau IP ditarget 100 hektare yang terbagi di tiga Kecamatan Tewah Kurun dan Rungan.

Agar memaksimalkan produksi hasil tanam padi tersebut, maka pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan sarana berupa benih padi, pupuk NPK, urea, kapur pertanian dan obat-obatan pembasmi hama.

"Semua itu dilakukan pemerintah guna membasmi serangan organisme pengganggu tumbuhan padu, seperti ulat, grayak, tikus, penggerak batang dan wereng," ujarnya.

Dia menambahkan produksi padi pada bulan April 2020 mencapai 713 ton gabah kering panen. Ini hasil produksi dari lima kecamatan yakni, Kurun, Sepang, Rungan, Tewah dan Manuhing Raya.

Dengan adanya pada tahun ini, diharapkan para petani maupun kelompok petani khususnya di Kelurahan Tumbang Anjir dapat lebih meningkatkan pemanfaatan lahan yang ada.

"Saya juga berharap bantuan yang sudah disediakan pemerintah tersebut dapat membatu para petani agar lebih giat dalam budidaya padi sawah, sehingga kedepan hasil usaha tani bisa meningkat dan memberi dampak yang baik untuk kesejahteraan kelurga petani," tuturnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru