Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Minta Masyarakat Laksanakan Imbauan Bercocok Tanam

  • Oleh Trisno
  • 09 Mei 2020 - 21:18 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura) telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk bercocok tanam khususnya sayuur mayur dan umbi umbian termasuk kebutuhan pangan lainnya.

Himbauan untuk masyarakat bercocok tanam tersebut sebagai antisipasi terhadap kemungkinan kerawanan bahan pangan yang terjadi ditengah Pandemi Covid-19 yang saat saat ini belum bisa dipastikan kapan berakhirnya.

Bupati Mura saat dibincangi Minggu kemarin di Puruk Cahu mengatakan bahwa beberapa hari lalu dirinya sudah mengeluarkan himbauan untuk masyarakat bisa memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam.

Terkait dengan himbauan tersebut, Bupati berharap masyarakat bisa mematuhi dan melaksanakannya, mengingat kondisi Pandemi yang sampai saat ini belum berakhir dan tidak tau sampai kapan akan mewabah di Indonesia.

Sementara memang untuk pasokan kebutuhan pokok masyarakat saat ini masih aman, namun hal itu tidak lantas membuat masyarakat tidak melakukan persiapan terhadap segala kemungkinan dampak dari Covid-19 yang mungkin saja semakin parah.

“Jangan menunggu apa yang dikhawatirkan yaitu kerawanan pangan terjadi baru masyarakat sadar, kita harus antisipasi sejak dini segala kemungkinan, apalagi di Mura banyak sekali lahan kosong milik masyarakat yang tidak dimanfaatkan dan terlantar” katanya.

Bupati mengatakan bahwa Pandemi yang terjadi saat ini jangan dianggap main main, karena dampaknya akan terus berlanjut an berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Dengan tidak bermaksud memberikan ketakutan, namun kelangkaan bahan pangan mungkin saja terjadi kalau Pandemi ini semakin parah.

Sehingga masyarakat secara mandiri bisa mengantisipasinya, dan tidak sepenuhnya bergantung kepada Pemerintah. Karena meski tidak terjadi kerawanan pangan, bercocok tanam adalah hal yang positif dalam keadaan apapun dan pasti bermanfaat untuk masyarakat.

Terkait himbauan untuk bercocok tanam, masyarakat tidak sedikit yang merespon positif hal itu, contohnya di desa Konut Kecamatan Tanah Siang, sebagian besar masyarakatnya mulai bercocok tanam menanam sejumlah jenis sayur mayur dan tanaman pangan lainnya.

“ benar kata Bupati, kami harus mandiri dan antisipasi terhadap segala kemungkinan, ya kami ikuti anjuran, karena memang selama ini banyak lahan ditelantarkan, dan selain kami bisa nanti memproduksi pangan sendiri, juga aktifitas berkebun menyehatkan dan bisa mengurangi kejenuhan” tutur Hengki Warga Konut. (Trs/B-5)

Berita Terbaru