Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Berencana Buka Lahan Pertanian

  • Oleh Trisno
  • 11 Mei 2020 - 22:13 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Mengantisipasi potensi krisis pangan yang mungkin akan terjadi ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang tidak tau kapan akan berakhir, Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) dalam waktu dekat berencana membuka lahan pertanian di sejumlah titik.

Bupati Mura Drs. Perdie M. Yoseph MA mengatakan bahwa Pemerintah akan membuka lahan pertanian yang cukup luas untuk antisipasi kemungkinan kerawanan pangan yang dialami masyarakat mengingat dampak dari Pandemi yang sudah meluas.

Dimana dirinya sudah meninjau beberapa titik atau lokasi yang nanti akan dijadikan tempat untuk lahan pertanian, salah satunya di wilayah Kecamatan Tanah Siang.

“ saya sudah perintahkan SOPD teknis untuk mengecek lokasi, Pemerintah akan buka lahan pertanian untuk nanti dijadikan cadangan pangan masyarakat apabila kerawanan pangan terjadi” kata Bupati belum lama ini di Puruk Cahu.

Nantinya lahan akan dipergunakan untuk menanam berbagai jenis kebutuhan pangan, seperti rayur mayur, umbi umbian, termasuk tanaman padi, Pemerintah akan buka di beberapa lokasi dan tiap Kecamatan nantinya.

Bupati mengatakan rencana tersebut saat ini sedang dikaji dan diteliti, karena dalam kondisi tanggap darurat seperti ini, semua pihak jangan menunggu dan harus bergerak cepat, lakukan apa yang bisa dilakukan untuk mengatisipasi dampak Pandemi terhadap masyarakat.

Dan selain mengeluarkan himbauan agar masyarakat bercocok tanam, Pemerintah juga akan membuka lahan pertanian yang nanti diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan pangan dari masyarakat.

Karena Bupati khawatir, ketergantungan Kabupaten Mura terhadap pasokan pangan dari luar akan berbahaya apabila terjadi krisis pangan di luar daerah. Karenanya, kemandirian pangan harus didorong saat ini dengan upaya maksimal Pemerintah dan juga dukungan masyarakat.

“Pemerintah akan lakukan berbagai upaya, dengan cepat dan tepat untuk melindungi masyarakat dari dampak Pandemi ini, namun hal itu percuma apabila masyarakat tidak mendukung dan tidak taat dengan Pemerintah” kata Bupati. (Trs/B-5)

Berita Terbaru