Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di Kecamatan Arut Utara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Juni 2020 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Koatawaringin Barat (Kobar), Hj Nurhidayah meninjau lokasi banjir sekaligus menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Arut Utara (Aruta), Selasa, 30 Juni 2020.

Dalam kesempatan itu, Nurhidayah meninjau sejumlah rumah warga yang kebanjiran dan berada di tepi Sungau Arut tepatnya di RT 1 - 5 Kelurahan Pangkut.

Dengan membawa sejumlah paket sembako, Nurhidayah menjenguk warga korban banjir yang masih bertahan di rumahnya meski ketinggian air mencapai setengah dada orang dewasa.

"Banjir ini sudah terjadi hampir sepekan dan kini sudah mulai menurun. Sejumlah warga ternyata enggan dievakuasi," katanya.

Nurhidayah mengatakan, setiap tahunnya, Aruta memang langganan banjir. Namun masyarakat disini merasa sudah terbiasa dan tidak mau direlokasi.

"Pemerintab sudah berkodinasi memberikan solusi agar masyarakat ini pindah ke tempat yang lebih tinggi, namun mereka tidak mau. Maunya di pinggir sungai saja untuk mempertahankan kearifan lokal," ungkapnya.

Hingga kini bantuan dari Pemkab Kobar dan swasta sudah didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak. Bahkan di Posko Penanggulangan Bencana Banjir logistik sudah siap.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Reneli menyampaikan, BPBD Kobar telah menyerahkan bantuan logistik sebanyak 200 paket. Itu belum termasuk bantuan dari dinas sosial dan pihak ketiga.

"Bansos kita serahkan ke kecamatan. Nanti camat menyerahkan ke kelurahan dan desa yang terdampak untuk didistribusikan ke masyarakat," katanya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru