Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kiat Memulai Usaha tanpa Modal

  • Oleh Teras.id
  • 01 Juli 2020 - 10:30 WIB

TEMPO.COJakarta - Tak perlu modal besar, banyak bisnis yang sebetulnya dapat dijalankan hanya dengan modal yang kecil, bahkan tanpa perlu modal sama sekali. Kuncinya adalah kreatif dan tekun.

Dikutip dari www.businessknowhow.com, berikut 10 cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha tanpa modal.

Kenali dan gunakan aset yang ada
Mungkin saat ini Anda hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada uang tunai yang dapat diinvestasikan dalam bisnis. Namun, Anda memiliki aset dan kemampuan yang dapat digunakan untuk memulai bisnis. Gunakanlah keterampilan dan aset yang sudah ada. Mulailah dengan membuat daftar hal-hal yang sudah Anda ketahui dan siap untuk melakukannya. Pertimbangkan jenis bisnis apa yang dapat dimulai dengan menggunakan keterampilan dan kemampuan tersebut.

Selanjutnya, manfaatkan barang yang dimiliki untuk dapat dipergunakan dalam bisnis. Misalnya, jika memiliki komputer dan ponsel, manfaatkanlah peralatan tersebut untuk memulai bisnis secara online. Anda dapat mempromosikan berbagai informasi tentang layanan produk atau jasa yang ditawarkan. Gunakan ponsel untuk mempublikasikan bisnis melalui foto dan video yang bisa dibagikan melalui instagram atau platform media sosial lain.

Jual pengetahuan dan keterampilan
Apakah Anda memiliki keterampilan tertentu Anda dapat memulai bisnis konsultasi, program pelatihan, atau bisnis bimbingan tanpa dana apa pun. Yang dibutuhkan untuk menciptakan bisnis sudah ada di dalam kepala. Untuk mewujudkannya, gunakan koneksi pribadi, panggilan telepon, media sosial, dan alat online lain, juga memoles keterampilan jaringan offline.

Mulai bisnis layanan
Jika tidak memiliki modal awal, bisnis berbasis layanan adalah opsi memulai usaha berbiaya rendah lain. Bisnis berbasis produk mengharuskan untuk membeli dan kemudian menjual kembali. Bisnis berbasis layanan seperti pembinaan, menjadi asisten virtual, desain web, atau layanan pembersih rumah hanya membutuhkan pengetahuan dan peralatan yang mungkin sudah dimiliki.

Memanfaatkan hobi
Bisnis hobi sering kali berasal dari kecintaan terhadap sesuatu. Mungkin Anda memiliki pekerjaan korporat di siang hari tetapi suka membuat kue ketika pulang. Mulailah dengan membuat kue dan promosikan ke orang-orang terdekat melalui media sosial. Biaya pemasaran nol dan Anda masih memiliki uang yang masuk dari pekerjaan.

Bekerja dari rumah
Menyewa kantor atau ruang ritel mahal. Ini adalah sesuatu yang Anda mungkin ingin atau perlu lakukan untuk menumbuhkan bisnis di masa depan. Tetapi, ketika baru memulai, cari cara untuk bekerja dari rumah. Jika bekerja dari rumah, bisnis tidak perlu uang untuk menyewa, utilitas, dan perabot kantor.

Gunakan teknik pemasaran gratis dan murah
Ada banyak cara gratis dan murah untuk memasarkan bisnis. Pelajari dan terapkan sebelum Anda mulai menghabiskan uang untuk iklan berbayar. Menggunakan strategi promosi gratis pada awalnya akan membantu melihat apakah ada pasar untuk barang atau jasa dan itu akan membantu Anda mulai memahami apa yang menarik pelanggan sehingga tidak membuat kesalahan mahal setelah siap untuk membeli iklan.

Lakukan semua pekerjaan sendiri
Pada awalnya, andalkan modal keringat sendiri untuk memulai bisnis tanpa uang. Harapkan hari-hari yang panjang dan kebutuhan untuk belajar bagaimana melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti pemasaran, penjualan, akuntansi, atau bahkan membangun situs web.

Berita Terbaru