Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pro dan Kontra Pelaksanaan Rapid Test Massal Dinilai Wajar

  • Oleh Hendri
  • 04 Juli 2020 - 08:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Juru Bicara I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Palangka Raya Supriyanto menilai, adanya sikap pro maupun kontra terkait pelaksanaan rapid test merupakan hal yang wajar.

"Pola pikir masyarakat soal rapid test itu berbeda. Ada yang menanggapi secara positif dengan menyambut baik langsung berpartisipasi dan ada yang menanggapinya secara negatif itu sangat wajar," ucapnya, Sabtu 4 Juli 2020.

Terkait itu pihaknya akan bekerja keras menghilangkan kesan rasa takut itu. Pihaknya akan menjelaskan apa itu rapid test dan apa kegunaan serta manfaat setelah mengikuti rapid test tersebut.

Meski begitu Supriyanto mengakui, untuk mengubah atau menyamakan pola pikir soal rapid test tidak mudah serta membutuhkan kesabaran luar biasa.

"Seluruh tim akan berusaha memberikan edukasi soal rapid test dan protokol kesehatan. Pelaksanaan rapid test massal di permukiman ini mungkin hal yang baru di mata masyarakat. Sehingga menimbulkan berbagai respon berbeda," ujarnya.

Sejauh ini kata dia, strategi untuk edukasi warga yang takut dan menolak rapid test sudah disiapkan.  Bahkan ia
sempat berdiskusi dengan salah satu dokter dan psikolog tentang bagaimana cara mengubah pola pikir masyarakat.

"Kesimpulannya itu perlu waktu kita teris lakukan edukasi secara bertahap supaya warga tidak salah paham terkait kegunaan rapid test dimaksud," tutupnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru