Camat Pulau Malan Pelajari Sistem Irigasi Pertanian Padi di Katingan Kuala

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Juli 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Camat Pulau Malan Kabupaten Katingan, Hariawan bersama Ketua TP PKK kecamatan melakukan kunjungan ke kawasan pertanian penghasil padi di Kecamatan Katingan Kuala, Sabtu, 4 Juli 2020.

Kecamatan Katingan Kuala merupakan daerah penghasil padi terbesar di Kabupaten Katingan. Selain ingin belajar cara mengolah tanah, Hariawan juga memelajari sistem irigasi pertanian di sana.

"Kunjungan ini untuk belajar mengolah tanah, irigasi yang baik, dan pemilihan bibit unggul dalam rangka menghadapi selesainya pembangunan Bendung Manten oleh petani di Kecamatan Pulau Malan," kata Hariawan.

Selain itu, kunjungan ke Katingan Kuala itu sekaligus sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia atau SDM di bidang pertanian, dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Katingan.

Hariawan mengatakan, di Kecamatan Pulau Malan sejauh ini sebetulnya juga merupakan penghasil padi, namun produksinya tidak sebanyak di Kecamatan Katingan Kuala.

"Harapan kami ke depan produksi padi di Pulau Malan meningkat, terutama setelah Bendung Manten berfungsi sehingga sistem irigasi semakin baik," pungkasnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru