Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Sebut Karhutla Merupakan Agenda Tahunan Kamtibnas

  • Oleh Nopri
  • 05 Juli 2020 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Sugianto Sabran mengatakan di wilayah Provinsi Kalteng memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi terhadap Karhutla bahkan bisa dikatakan sudah menjadi agenda tahunan Kamtibmas.

"Dampak dari Karhutla tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kalimantan Tengah saja, akan tetapi juga dirasakan oleh masyarakat di Provinsi lain bahkan sampai ke negara tetangga," katanya, Minggu, 5 Juli 2020.

Dia menjelaskan akibat dari Karhutla ini selain kabut asap yang secara langsung bisa mengganggu kesehatan masyarakat, akibatnya juga dapat menimbulkan kerugian ekonomi khususnya kepada pemilik lahan maupun perkebunan yang areanya dilanda bencana Karhutla.

"Untuk itu perlu adanya langkah-langkah pencegahan secara nyata dalam bentuk kesiapan Satgas Karhutla guna menyiagakan personel juga sarana prasarana yang akan digunakan untuk mengatasinya," jelasnya.

Sementara itu sebagaimana prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG bahwa pada bulan juli 2020 sudah memasuki awal musim kemarau dan akan memasuki masa puncak kemarau pada Agustus sampai September 2020.

"Maka perlu adanya partisipasi, kerjasama dan koordinasi dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan dan Satuan Tugas penanggulangan Karhutla sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya hingga siap digerakkan sewaktu-waktu ketika bencana Karhutla terjadi," tutupnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru