Pemkab Barito Timur Diminta Dengarkan Keluhan Warga Desa Jaar

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 05 Juli 2020 - 15:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur diminta bisa mendengarkan keluhan warga Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur yang mempertanyaakan tindak lanjut pengerjaan jalan lingkar luar bagian barat yang sampai saat ini belum ada penyelesaian.

Warga Desa Jaar, Hengky A Garu mengatakan pengerjaan jalan lingkar luar bagian barat yang melalui Desa Jaar dan Desa Dorong tidak ada ganti rugi kepada tanah masyarakat.

"Bermasalah pasalnya itu jalan itu belum menjadi aset daerah apalagi masyarakat tidak pernah memberikan hibah atau mengizinkan lahan mereka dijadikan jalan," katanya, Minggu 5 Juli 2020.

Dia menyebut pada kenyataan meski warga Desa Jaar dan Dorong belum memberikan izin atau menghibahkan tanah mereka kepada Pemkab Barito Timur, tapi lahan mereka telah digusur tanpa memperdulikan jeritan pemilik lahan.

"Jadi wajarlah kami kembali mempertanyakan bagaimana status jalan dan mungkinkan angaran daerah dikucurkan bukan untuk aset daerah," akunya.

Mewakili, warga pemilik lahan yang tidak lain adalah kerabat dan keluarga beser di Jaar, Mangkarap dan Dorong menyayangkan sikap Pemkab Barito Timur yang terkesan arogan dan tidak memperdulikan keluhan dan jeritan warga yang keberatan atas pengusuran lahan mereka bagi jalan lingkar barat.

"Kita memohon tanggapan dan klarifikasi terkait keabsahan pengunaan APBD yang bukan di aset daerah itu," tegasnya.

Sementara itu Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas melalui Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jumail mengatakan pemerintah kabupaten sangat serius untuk membangun jalan lingkar barat tersebut demi pengembangan kota. Ini dibuktikan setelah dibuka 2019 dan tahun ini akan dilanjutkan pembangunannya dengan anggaran Rp 4 miliar.

"Jalan lingkar barat adalah satu-satunya proyek yang dilaksanakan ditengan Pandemi Covid-19, sementara yang lain dibatalkan, ini bukti Bupati serius dan menepati janji sebelum berakhir masa jabatan belian jalan itu dapat selesai dan funfgsional dengan baik," katanya.

Dia berharap supaya semua masyarakat yang desanya dilintasi jalan lingkar luar bagian barat dapat mendukung pembangunan jalan lingkar tersebut untuk sarana peningkatan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di daerah. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru