Bupati Kotawaringin Timur dan Camat Cempaga Cek Kesiapan PBS Cegah Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Juli 2020 - 23:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi bersama Camat Cempaga, Dedy Purwanto mengecek kesiapan perusahaan besar swasta di wilayah kecamatan, terkait kesiapan dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Saya ingin memastikan perusahaan turut berperan dalam pencegahan karhutla. Itu terlihat dari kesiapan sarana dan prasarananya. Salah satu PBS sudah kita cek Minggu, 5 Juli 2020 tadi," kata Supian Hadi, Senin, 6 Juli 2020.

Dia mengatakan, areal PBS memang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, agar mengerahkan seluruh cara sehingga pencegahan karhutla lebih maksimal.

"Kita tentu tidak ingin bencana kabut asap kembali melanda Kabupaten Kotawaringin Timur. Karena dampaknya dirasakan semua sektor, ekonomi, kesehatan, transportasi, dan lainnya. Apalagi kita sekarang dihadapkan dengan pandemi covid-19. Makanya pencegahan karhutla harus dilakukan sejak dini," kata Supian Hadi. 

Selain itu juga, PBS diminta berpartisipasi dengan unsur pemerintahan kecamatan dalam rangka menyosialisasikan pencegahan karhutla kepada masyarakat.

"PBS bisa menyosialisasikan ke warga sekitar serta karyawannya, agar turut bersama-sama menjaga lahan dan hutan terhindari dari kebakaran," tegas Supian Hadi.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar jangan coba-coba dengan sengaja membakar lahan. Karena ada konsekuensi hukum bagi yang melakukannya. Apalagi, tidak sedikit pelaku pembakaran lahan yang masuk penjara.

Sementara itu, Plt Camat Cempaga, Dedy Purwanto mengharapkan kesediaan PBS bersama-sama unsur pemerintahan kecamatan maupun TNI Polri, untuk mencegah serta menanggulangi karhutla.

"Semua PBS di Cempaga harus siap untuk mengantisipasi karhutla, baik di arealnya maupun sekitar lokasi perusahaan," tegas Dedy P. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru