Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Perlu Dievaluasi Berkala

  • Oleh Hendri
  • 07 Juli 2020 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo menilai, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi perlu dilakukan evaluasi secara berkala, supaya tidak menuai pro kontra di masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut turut menjadi perbincangan. Banyak orangtua siswa yang ingin anaknya masuk sekolah dengan fasilitas lengkap, namun terkendala sejumlah aturan.

"Orangtua mana yang tak ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Namun pemerintah juga mengambil langkah agar tak ada penumpukkan siswa pada sekolah tertentu, serta menghilangkan adanya stigma ini sekolah unggulan dan ini tidak," kata Sigit, Selasa 7 Juli 2020.

Langkah tersebut memang dinilai baik, agar mereka yang bertempat tinggal jauh dari pusat kota mendapatkan fasilitas pendidikan yang setara.

Tak hanya sistem zonasi ini saja, lanjut dia, namun sistem seperti kuota siswa berprestasi, siswa tak mampu maupun perpindahan domisili orangtua juga perlu dievaluasi secara terus menerus dan berkala.

"Memang peraturan ini merupakan arahan langsung dari Pemerintah Pusat, namun diharapkankan mampu disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan, khususnya kebutuhan bagi Kota Palangka Raya," tegasnya.

Untuk itu, diharapkan pemerintah pusat bisa mengeluarkan juknis terkait PPDB di masing-masing daerah agar tidak terjadi kerancuan dalam pelaksanaannya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru