Semakin Meluas, Tercatat 3 Kecamatan di Kobar Diterjang Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Juli 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Intensitas hujan yang masih tinggi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), membuat banjir semakin meluas. Tercatat 3 Kecamatan di Kobar terdampak musibah banjir.

Plt Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tengku Alisyahbana didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Reneli mengatakan, ada di tiga Kecamatan terdampak banjir, karena masih tingginya intensitas curah hujan sehingga banjir meluas.

"Setelah Kecamatan Arut Utara dan Kecamatan Kotawaringin Lama, kini Kecamatan Arut Selatan tergenang banjir. Hal itu di sebabkan Meluapnya air Sungai Arut," ujar Tengku Ali Syahbana, saat mendampingi Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir di Desa Kumpai Batu Bawah, Selasa, 7 Juli 2020.

Dalam kesempatan itu juga Tengku Ali Syahbana mengatakan, karena masih tingginya intensitas curah hujan maka diharapkan warga yang tinggal di bantaran sungai agar selalu waspada.

"Masyarakat yang berada di bantaran sungai harus mewaspadai meluapnya air sungai. Mengingat kondisi saat ini curah hujan masih tinggi. Kemungkinan meluasnya banjir masih terjadi," ungkapnya.


Selain itu dia juga meminta, kepada aparat desa atau kelurahan agar terus memantau perkembangan banjir di wilayahnya. Sehingga pemerintah dapat bergerak cepat dalam mengambil tindakan.

"Perlu kami perjelas bagi warga yang berhak menerima bantuan dari pemerintah daerah adalah bagi warga yang rumahnya tegenang banjir, jadi bila terjadi banjir di satu desa jangan di masukan semua warga yang terdampak, jadi yang berhak menerima bantuan adalah rumahnya yang tergenang banjir," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru