Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penginapan dan Hotel Diminta Siapkan Bilik Disinfektan dan Pengoperasian Lift

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Juli 2020 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tempat penginapan dan hotel diminta untuk menyiapkan bilik disinfektan dan pengoperasian lift jika memang akan dibuka kembali di masa New Normal. Hal ini juga untuk mendukung bangkitnya kembali perekonomian dan sektor pariwisata di daerah, terutama di Kalimantan Tengah.

"Kalau memang New Normal ini, hotel dan penginapan sudah diizinkan kembali beroperasi. Tetapi pemerintah meminta agar seriap hotel dan menginapan menyiapkan bilik disinfektan bagi para tamu dan pengunjung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan pada Rabu, 8 Juli 2020.

Menurut Guntur, selain harus menyiapkan bilik disinfektan di pintu masuk, bahkan untuk hotel yang menggunakan lift, diwajibkan menyediakan tusuk gigi, rotan, bambu atau apapun beda jenis lainnya untuk mengoperasikan tombol lift.

"Intinya, sebelum ada kelonggaran diberikan, maka para pelaku bidang usaha pariwisata, harus betul-betul menyiapkan hal-hal yang berkenaan dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Ini penting untuk menghindari penularan Covid-19," tegas Guntur.

Contohnya kata dia wisata kuliner, maka sebisa mungkin pelaku usaha untuk mengatur jarak tempat duduk antar pengunjung dan menyiapkan tempat mencuci tangan.

"Hal-hal seperti ini harus dipertimbangkan dulu, mampu atau tidak untuk melaksanakannya. Kalau mampu silakan buka. Kalau rasanya berat, ya jangan buka dulu," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru