Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kapuas Terus Upayakan Tekan Angka Stunting

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Juli 2020 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kapuas terus mengupayakan menekan angka stunting atau hal yang menghambat pertumbuhan anak, sehingga dapat terus menurun setiap tahunnya, dan terus jadi perhatian pihaknya.

Adapun data stunting dari Dinas Kesehatan Kapuas berdasarkan perkembangan pada Februari 2020 melalui aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat atau e-PPGM di wilayah Kabupaten Kapuas terdapat 22.990 balita.

Dari jumlah tersebut, yang sudah diukur berat badan dan tinggi badannya sampai dengan bulan Februari sebanyak 18.089 balita.

"Kami akan terus upayakan tekan angka atunting. Karena kisarannya 78,7 persen dari jumlah total balita yang sudah diukur hasilnya adalah jumlah stunting kita 2.480, artinya dalam persentase jumlahnya 13,7 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, Rabu, 8 Juli 2020.

Lebih lanjut, ia menjelaskan berbagai upaya dalam menekan angka stunting ini terus dilakukan, diantaranya adalah melalui program Ketupat Kuning atau 'Ketuk Pintu Sehat Kurangi Stunting' yang selama ini digagas oleh Dinas Kesehatan Kapuas.


"Untuk angka stunting pada tahun 2013 45 persen lebih, 2018 posisi kita 41,2 persen, ke depan hingga 2023 kita upayakan turun," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap kerjasama dengan instansi terkait lainnya, maupun masyarakat. "Sehingga, dapat bersama-sama menekan angka stunting," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru