Tahanan Baru Lapas Sukamara Diberi Bimbingan Moril

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Juli 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Tahanan baru yang masuk Lembaga Pemasyarakat atau Lapas Sukamara diberi bimbingan moril sebagai bentuk dukungan sebagai WBP yang akan menjalai masa hukuman.

"Setelah tahanan ini masuk, mereka langsung disambut oleh Tim Barigas Lembaga, karena sebagai WBP baru mereka wajib mengikuti bimbingan dari Tim Barigas," kata Kalapas Kelas III Sukamara, Asmuri, Kamis, 9 Juli 2020.

Sebelum memasuki ruangan isolasi, 12 tahanan tersebut diberikan bimbingan moril. Bimbingan diberikan bertujuan untuk memberikan penguatan,  dukungan dan doa secara moral bagi narapidana yang baru masuk dalam menjalankan masa hukuman. 

"Selain itu juga Tim Barigas menjelaskan secara singkat tentang Lapas dan hak-hak dasar yang akan mereka dapatkan, serta menjelaskan kewajiban yang harus mereka lakukan waktu menjadi bagian dari WBP," ujarnya.

Asmuri melanjutkan, dengan adanya bimbingan secara moral terhadap tahanan yang baru, diharapkan narapidana tidak stres selama menjalani masa hukuman.

"Sehingga mereja jauh berfikiran dari niat-niat yang bisa mencelakakan dirinya atau niat untuk melarikan diri," tukasnya.

Lapas Sukamara menerima tahanan sebanyak 12 orang, 8 diantaranya tahanan Hakim Pengadilan Negeri Pangkalan Bun dan 4 lainnya dalam pelaksanaan putusan pengadilan.  (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru