Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Fokus Sosialisasi kepada Pemancing dan Pemburu Hewan Guna Antisipasi Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juli 2020 - 14:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) fokos memberikan sosialisasi terhadapa para pemancing dan pemburu hewan di hutan. Cara ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran.

"Kami tidak hanya berikan sosialisasi terhadap para petani dan peladang saja. Namun juga para pemancing dan juga pemburu," ujar Bupati Kotim, Supian Hadi, Rabu, 15 Juli 2020.

Cara ini dilakukan, karena dari analisa dalam dua tahun terakhir. Banyak lahan yang terbakar tidak difungsikan. Bahkan hal itu berulang-ulang dari 2018 dan 2019.

Sehingga mereka menduga kebakaran terjadi karena adanya kelalaian dari sejumlah pemancing atau pemburu yang lupa mematikan rokok atau saat memasak untuk kepentingan mereka.

"Kami tidak menuduh, namun ini hanya analisa kami dan ini yang kami perhatikan saat ini," katanya. Dia menjelaskan rata-rata titik api di hutan yang terbakar dimulai dari sekitar danau atau sungai yang biasanya digunakan untuk tempat para pemancing.

"Memang mereka tidak membakar, namun sisa puntung rokok atau bekas dia memasang yang belum sempurna dimatikan. Sehingga itulah yang bisa memancing munculnya api di tengah kondisi lahan kering," terangnya.

Rencana ini disampaikannya saat virtual zoom meeting terkait kesiapan Provinsi Kalteng dalam menghadapi Karhutla dengan harapan bisa menjadi perhatian semua pihak nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru