Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dukung Pengembangan Areal Tanam Jagung

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Juli 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat yakni Koptu Josep Bangun dari Koramil 1012-04 Tamiang Layang dan Bripka Mujiono dari Polsek Dusun Timur mendukung upaya pengembangan areal tanam jagung pakan di desa tersebut.

Dukungan ditunjukkan dengan melakukan pendampingan kepada petani yang membuka lahan pada musim tanam April-September 2020, termasuk menghadiri kegiatan tanam jagung perdana, Jumat 17 Juli 2020.

Pada kesempatan itu, Koptu Josep Bangun meminta petani tidak hanya menanam jagung tapi juga tanaman lain untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan dalam keluarga.

"Bisa juga diselingi dengan tanam sayur-sayuran, sehingga tidak perlu lagi membeli, atau bahkan bisa untuk dijual juga," kata Josep di sela kegiatan tanam jagung.

Terkait membuka lahan dengan cara membakar, Bripka Mujiono menjelaskan, belum ada petunjuk tertulis bagi pihaknya tentang hal tersebut karena itu dia meminta agar petani selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa jika ingin membuka lahan baru terutama jika dilakukan dengan cara membakar.


"Sebaiknya koordinasi supaya tidak menjadi masalah bagi petani di kemudian hari," pesan Mujiono.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang turut hadir dalam kegiatan tanam jagung perdana.

"Saya berterima kasih atas dukungan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang mendukung program dinas pertanian dalam upaya perluasan areal tanam jagung di Desa Murutuwu," kata Riza.

Kegiatan tanam jagung perdana pada Kelompok Tani Rurey Maju yang beranggotakan 40 orang itu, juga dihadiri oleh Koordinator BPP Paju Epat, Ketua KTNA Paju Epat serta penyuluh pertanian. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru