Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota: Sudah Terbentuk 5 Kelurahan Siaga dan Tangguh Bencana

  • Oleh Hendri
  • 21 Juli 2020 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, sampai saat ini sudah terbentuk 5 kelurahan siaga dan tangguh bencana. Yakni Kelurahan Tanjung Pinang, Panarung, Sabaru, Kalampangan dan Kameloh Baru.

Terkait itu, pihaknya mengoptimalkan peran masyarakat dan TSAK di tingkat kelurahan dalam mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan.

"Kita akan memaksimalkan peran mereka dalam mengantisipasi bencana karhutla. Ke depan kita akan tambah lagi sehingga keterlibatan masyarakat semakin maksimal," katanya, Selasa 21 Juli 2020.

Dia mengatakan, kelurahan siaga dan tangguh bencana merupakan pola antisipasi dan penanganan bencana alam yang melibatkan masyarakat secara langsung.

"Bekal manajemen pengelolaan bencana alam terutama kebakaran hutan dan lahan juga telah diberikan pemerintah melalui pelatihan," jelasnya.

Manajemen tersebut meliputi pemetaan bencana dan kebutuhan penanganan, rencana aksi hingga strategi upaya pemadaman di lapangan. Termasuk manajemen komunikasi dan koordinasi dengan lintas lembaga.

Menurut dia, dengan keterlibatan masyarakat di tingkat kelurahan, upaya antisipasi dan penanganan karhutla yang dilakukan pemerintah semakin maksimal. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru