Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Tumbang Mangkutup Akan Bangun Ekowisata Berbasis Perikanan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Juli 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas akan membangun ekowisata berbasis sumber daya perikanan di desa setempat.

Rencana itu dilakukan, karena memiliki potensi perairan yang cukup memadai, memiliki beberapa perairan umum dan sumber mata air dengan sungai yang mengalir deras sepanjang tahun.

Inovasi yang akan dilakukan pemuda desa yang juga merupakan Sekretaris Desa Tumbang Mangkutub, dengan membuat Kampung Ekowisata berbasis sumber daya perikanan.

Kampung Ekowisata di Desa Tumbang Mangkutup ini berawal dari hasil program pemerintah desa, bekerjasama dengan kelompok pembudidaya ikan.

Sekretaris Desa Tumbang Mangkutup, Suriato selaku salah satu penggagas menyebutkan ada kolam sebanyak enam bidang dengan berbagai ukuran, benih ikan yang akan dibudidaya juga bermacam-macam jenis ikan sungai.

Suriato yang juga Ketua Ekowisata Tumbang Mangkutup, Suriato menjelaskan kegiatan usaha dikembangkan masyarakat dengan pola kerjasama, antara pemerintah desa tumbang Mangkutup dan kelompok pembudidaya ikan desa setempat sebagai pelopornya.

"Selain itu, untuk mengembangkan usaha, juga melakukan program budidaya ikan, akan dikembangkan wisata pemancingan," kata Suriato, Selasa, 21 Juli 2020.

Sementara itu, Kepala Desa Tumbang Mangkutup, Sigae E Saman, mengapresiasi berbagai program kerja tersebut. Programnya diakui langsung menyentuh masyarakat sekitar, beliau juga berharap semoga selalu maju dan berkembang untuk memberdayakan masyarakat.

Meskipun masih tahap pembangunan, diperkirakan engan waktu dekat akan terselesaikan. Hal ini terkait kendala luasnya areal, teknologi budidaya, kesediaan modal.

“Tetapi dengan optimisme yang kuat kami yakin ke depan akan berkembang pesat," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru