Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementan Rancang Ulang Pembinaan KostraTani 2020

  • Oleh Inilah.com
  • 24 Juli 2020 - 23:30 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pertanian melakukan rancang ulang (redesign) secara bertahap pengembangan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) sebagai call sign dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melaksanakan tugas, fungsi dan peran di era industrialisasi 4.0.

Upaya redesign KostraTani tahun 2020 memanfaatkan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) pasca pemotongan anggaran ABPN 2020 terkait penanganan pandemi Covid-19.

Langkah redesign KostraTani untuk 2020 mengemuka dari kegiatan video conference Kepala Badan PPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi di Jakarta, Jumat (24/7) yang dihadiri sejumlah petani dan penyuluh secara online dan live streaming melalui media sosial BPPSDMP.

Menurut Dedi, redesign usulan PHLN dilaksanakan secara bertahap untuk pengembangan KostraTani tahun 2020 berupa pemberian sarana teknologi informasi (IT). Pertama, PHLN dari Proyek Integrated Participatory Development and Managemen of Irigation Project (IPDMIP) untuk 480 BPP secara bertahap, 106 BPP pada 2020 dan 374 BPP pada 2021. Kedua, anggaran PHLN dari proyek Youth Entrepreneuship and Employment Support Services Programme (YESS) sebanyak 84 BPP. Ketiga, Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) kepada 56 BPP.

"Langkah tersebut dilakukan BPPSDMP melalui koordinasi dengan unit kerja eselon satu di Kementan, dan mendorong pembuatan percontohan program Kementan yang implikasinya berbasis KostraTani," kata Dedi Nursyamsi pada koordinasi dan sinkronisasi online bertajuk 'Strategi Pembinaan Model BPP KostraTani 2020'.

Tak kalah penting, katanya, konsolidasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bagi BPP yang tidak mendapatkan bantuan sarana IT dari pemerintah pusat agar mengadakan sarana IT sendiri namun tetap berpartisipasi aktif pada pelatihan virtual yang digelar oleh BPPSDMP.

Kegiatan tersebut meliputi Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) satu kali seminggu; Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) satu kali dalam dua minggu; Bertani on Cloud dua kali seminggu dan Millenial Agriculture Forum (MAF) satu kali dalam dua minggu.

KostraTani yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.

Sebelumnya diberitakan, Kementan saat ini telah mengembangkan 50 BPP model dari KostraTani sebagai call sign BPP model, dua di antaranya adalah BPP Bone Pantai di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan BPP Genteng di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Kedua BPP model menjadi tanggung jawab [Pusluhtan BPPSDMP].

"Kementan membuka peluang pengembangan BPP model menjadi KostraTani. Syarat utama, lokasi dekat kantor UPT Kementan, karena wajib intensif komunikasi dan intensif pelatihan. Harus ada listrik, jaringan internet dan komputer," kata Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi pada video conference di Jakarta, Rabu [22/7/2020].

Berita Terbaru