Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Modal Usaha Rp 500 Ribu dan Rp 3,5 Juta, Siapa Berhak

  • Oleh Teras.id
  • 27 Juli 2020 - 12:45 WIB

TEMPO.COJakarta - Kementerian Sosial atau Kemensos memberikan dua jenis bantuan baru di tengah pandemi Covid-19 ini. Bantuan pertama yaitu modal usaha Rp 500 ribu per keluarga dan tambahan modal usaha lagi sebesar Rp 3,5 juta.

Lalu siapa yang berhak menerima bantuan tersebut

"Mereka (penerima) adalah KPM (keluarga penerima manfaat) PKH (program keluarga harapan) Graduasi yang punya usaha rintisan," kata kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial, Edi Suharto saat dihubungi di Jakarta, Ahad, 26 Juli 2020.

Saat ini total ada sekitar 10 juta KPM PKH penerima bantuan sosial atau bansos dari pemerintah. Selain itu, ada juga sekitar 2,8 juta KPM PKH Graduasi. Dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018, graduasi terjadi karena empat kondisi.

Pertama, masih miskin tetap memenuhi syarat PKH. Kedua, tidak miskin tetap masih memenuhi syarat PKH. Ketiga, tidak miskin dan tidak memenuhi syarat PKH. Keempat, keluar atas inisiatif sendiri.

Pada 4 Juli 2020, Menteri Sosial Juliari Batubara telah meminta bawahannya agar bersungguh-sungguh mengantarkan KPM PKH agar cepat tergraduasi atau mengundurkan diri dari penerima bansos. Target graduasi pun menjadi Key of Performace Indicator (KPI).

Kemensos sendiri telah menargetkan rata-rata KPI untuk graduasi KPM PKH adalah 10 persen. Untuk mewujudkan target tersebut, pendamping PKH harus door to door meminta KPM PKH mengundurkan diri secara sukarela jika kehidupan ekonomi mereka sudah lebih baik setelah menerima bansos.

Semakin banyak keluarga yang keluar dari penerima PKH, semakin sukses kerja pemerintah. Artinya, semakin sedikit masyarakat yang menggantungkan hidup dari bansos.

Saat ini, ada 2,8 juta KPM PKH Graduasi dan tak lagi menerima bansos. Tidak semua dari mereka punya usaha kecil. Nah, sebagian dari mereka yang memiliki usaha kecil, inilah yang dapat bantuan modal usaha Rp 500 ribu dan tambahan modal Rp 3,5 juta.

Modal Rp 500 ribu diberikan untuk 10 ribu keluarga. Syaratnya, mereka harus mendaftar ke Dinas Sosial setempat. Dari jumlah itu, 1.000 di antaranya juga akan dapat tambahan modal Rp 3,5 juta agar usaha mereka kian berkembang.

Namun, angka 1.000 keluarga ini baru tahap awal karena baru dalam tahap uji coba. Edi memastikan bahwa program ini akan terus dievaluasi dan diharapkan terus berlanjut agar lebih banyak usaha dari KPM PKH Graduasi ini yang dibantu.

TERAS.ID

Berita Terbaru