Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Yoyo - Madi Belum Tentukan Sikap Arahkan Dukungan di Pilkada Kotim 2020

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Agustus 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pasangan Yoyo Sugeng Triyogo dan Rusnadi Abdullah atau Yoyo - Madi belum menentukan arah dukungannya di Pilkada Kotim 2020, setelah dipastikan tidak bisa menjadi kontestan pilkada.

"Saya belum ada menentukan sikap dukungan. Toh calonnya juga belum ada yang pasti," kata Rusmadi, saat dihubungi, Selasa, 4 Agustus 2020.

Terkait kegagalan pencalonannya, Yoyo - Madi memutuskan tidak mengajukan gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pihaknya menerima hasil dari verifikasi perbaikan KPU yang menyatakan tidak memenuhi syarat dukungan perbaikan.

"Kami tidak mengajukan gugatan dan kami tidak melanjutkan kompetisi pada Pilkada Kotim 2020 ini," kata Rusmadi.

Pihaknya juga meminta maaf kepada masyarakat dan juga tim yang sudah berjuang membantu dari awal pendaftaran sebagai bakal calon independen.

Namun usaha yang telah dilakukan sendiri gagal dilakukan. Pasalnya, jumlah syarat dukungan yang harus dipenuhi sebanyak 23.307 dukungan. Dan yang memenuhi syarat hanya 15.477. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat mencapai 7.860.

Akibat hal tersebut, mereka harus menyerahkan syarat syarat dukungan perbaikan. Yakni dikalikan 2 dari jumlah yang tidak memenuhi syarat yakni mencapai 15.720.

Upaya perbaikan sendiri sempat dilakukan. Namun ternyata, juga masih kurang dari syarat minimal tersebut. Sehingga, pihaknya dinyatakan tidak lolos menjadi calon bupati melalui jalur indepeden.

"Meski kami diberikan waktu 3 hari untuk melakukan gugatan. Namun kami tidak menggunakan hak tersebut," kata Yoyo.

Dia juga berterimakasih kepada tim di lapangan yang sangat solid karena berjuang agar mereka bisa lolos. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru