Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Simak 10 Hal Penting tentang Diskon Tagihan Listrik dan Token Gratis dari PLN

  • Oleh Teras.id
  • 05 Agustus 2020 - 07:15 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Bantuan diberikan mulai dari diskon tagihan listrik sebesar 50 persen sampai token listrik gratis.

“Karena program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimis tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan," kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, 2 Agustus 2020.

Tempo mengumpulkan sejumlah catatan dari perpanjangan stimulus untuk pelanggan PLN ini, berikut di antaranya:

1. Meringankan beban masyarakat.

PLN menyatakan pemberian stimulus ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat, khususnya yang tidak mampu dan rentan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. 

Seluruh pelanggan PLN yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan listrik maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem, sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.

2. Disiapkan Anggaran Rp 6,9 triliun

Diskon listrik ini adalah satu dari sekian kebijakan pelindungan sosial dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. Untuk perlidungan sosial, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 203,9 triliun. Sedangkan khusus untuk diskon tagihan listrik ini, anggarannya mencapai 6,9 triliun.

3. Empat kriteria penerima keringanan

Tidak semua pelanggan PLN akan menerima bantuan ini. Bantuan hanya diberikan kepada pelanggan daya 450 VA dengan berbagai kriteria. Diskon juga diberikan kepada pelanggan 900 VA bersubsidi, yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Ada tiga jenis golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya. Dua golongan pertama adalah rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Untuk 450 VA, mereka dapat tagihan atau token gratis. Sementara untuk pelanggan 900 VA bersubsidi, mereka dapat diskon tagihan listrik sebesar 50 persen. Masa berlaku April sampai September 2020.

Dua golongan berikutnya adalah bisnis dan industri kecil 450 VA. Keduanya sama-sama dapat tagihan atau token listrik gratis dari Mei sampai Oktober 2020.

Berita Terbaru