Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Kobar Selamatkan Pesisir Dari Abrasi Lewat Kebijakan Lokal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Agustus 2020 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mendukung sektor pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), berinovasi melalui program penyelamatan pantai dari abrasi melalui pendekatan wisdom atau kebijakan lokal, untuk peningkatan sarpras sektor wisata.

Kepala Dinas PUPR Kobar Junni Gultom mengatakan, sebagai wujud percepatan program prioritas pembangunan daerah, maka pihaknya melakukan peningkatan sarana dan prasarana di sektor pariwisata dengan berinovasi mengatasi abrasi.

"Sektor pariwisata ini menjadi sektor andalan. Untuk itu, kami berinovasi dalam program penyelamatan pantai dari abrasi dengan pendekatan kebijakan lokal, khususnya sepanjang Pantai Bugam Raya (Teluk Bogam-Keraya) Kecamatan Kumai,” kata Junni Gultom, usai menghadiri rapat di DPRD Kobar kemarin.

Diketahui bahwa Kobar sebagai kota kunjungan wisata baik lokal hingga mancanegara, hal ini karena keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting. Namu demikian, di Kobar juga banyak temlat wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawab yaitu, objek wisata pantai.

Junni mengatakan, pihaknya juga telah melakukan rapat paduserasi dalam pengaman pantai breakwater dengan tanaman mangrove untuk penanggulangan abrasi pantai, di sepanjang pantai Bugam Raya.

Dia menambahkan, konsep dalam pengamanan pantai dari abrasi ini merupakan konsep padupadan dan paduserasi, dengan pengembangan parawisata dan sustainable development yang kesemuanya demi pembangunan yang berkelanjutan.

“Dalam pelaksanaan program pengamanan pantai dari abrasi ini akan berkolaborasi dengan pihak ketiga. Kita menggunakan konsorsium gaya baru demi percepatan pembangunan sektor pariwisata,” tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru