Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hidupkan Kembali Sektor Pariwisata, Dispar Kobar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Agustus 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata yang ada di Kabupaten kotawaringin (Kobar), Dinas
Pariwisata (Dispar) Kobar menggelar pelatihan pemandu wisata perkotaan dan pedesaan di Aula Hotel Mahkota, Pangkalan Bun, Jumat, 7 Agustus 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kobar, Kadis Pariwisata, Pengelola Wisata dan diikuti kurang lebih 40 peserta pemandu wisata.

Kepala Dispar Kobar Wahyudi mengatakan, bahwa bimbingan teknis ini adalah upaya untuk meningkatkan dan menghidupkan kembali sektor pariwisata yang sempat tutup karena mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Kobar.

"Untuk Bimtek kali ini, temanya adalah wisata perkotaan dan pedesaan. Namun tentunya pada masa pandemi covid ini akan lebih banyak memberi perhatian kepada pemanduan untuk wisata di pedesaan," ujarnya.

Wayudi menyampaikan, wisata pedesaan pada dasarnya adalah kegiatan wisata yang di kelola oleh masyarakat di desa, dengan mengembangkan potensi wisata yang ada di desa itu. Salah satu wisata di pedesaan yang sedang berkembang saat ini dan cukup diminati wisatawan, yaitu seperti di Desa Lalang.

"Di Desa Lalang ada satu embung yang dikembangkan oleh masyarakat yang kemudian diisi dengan kegiatan wisata yang langsung digerakan oleh masyarakat," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk sektor diperkotaan Dispar Kobar akan memfokuskan potensi wisata pemanduan di daerah Sungai Arut, karena Kobar punya potensi wisata di Sungai Arut dan SM Lamandau, yang kini mulai di manfaatkan untuk wisata susur sungai.

"Kita akan terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata di Kobar, terlebih pandemi Covid-19 ini sangat berdampak signifikan di sektor pariwisata," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru