Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Serukan Jaga Lingkungan untuk Kelestarian Alam

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Agustus 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah mengajak seluruh komponen masyarakat supaya menjaga lingkungan, sehingga kelestarian alam akan terjaga.

Apalagi, Kotawaringin Barat dikenal kaya akan berbagai potensi alamnya. Tidak hanya Taman Nasional Tanjung Puting sebagai area konservasi orangutan terbesar di dunia, ada juga kawasan konservasi lainnya, yaitu Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

SM Lamandau merupakan salah satu kawasan konservasi yang dikelola BKSDA SKW.II Kalimantan Tengah. Kawasan ini merupakan satu-satunya suaka margasatwa yang terdapat di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kita telah melihat secara langsung bagaimana kondisi kekayaaan alam. Kita harus bersama-sama terus menjaga kondisi ini untuk anak cucu kita kelak,” kata Nurhidayah, Sabtu, 8 Agustus 2020. 

Dalam lawatannya ke SM Lamandau pada 6 Agustus lalu, Nurhidayah bertolak dari dermaga Kampung Sega Waterfront City Kelurahan Mendawai menggunakan perahu dengan didampingi kepala BKSDA SKW.II, kepala KSOP Kumai, dan sejumlah kepala dinas terkait.

Di Pos Resort BKSDA, Bupati Hj. Nurhidayah beserta rombongan secara simbolis menyerahkan lifejacket, kepada masyarakat nelayan mitra BKSDA SKW II. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Camp Gemini, sekitar 20 menit perjalanan jalur sungai. Di sana rombongan menyaksikan pelepasliaran hewan ke alam liar.

Dalam kesempatan ini, Nurhidayah juga memberi nama dua orangutan jantan dan betina yang siap dilepasliarkan paska rehabilitasi. Dengan nama Hatue dan Bawi.

“Manusia harus terus bisa hidup bersinergi dengan alam. Kita jaga alam dan alam jaga kita,” tuturnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru