Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alami Retardasi Mental, Seorang Anak di Pahandut Dilarikan ke Rumah Sakit, Kondisinya Memprihatinkan

  • Oleh Hendri
  • 09 Agustus 2020 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seorang anak di Jalan Dr Murjani, Gang Bunga, RT 05, RW 06, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya langsung dibawa ke rumah sakit lantaran mengalami retardasi mental. Kondisinya sangat memprihatinkan.

Anak laki-laki itu biasa dipanggil Jani. Dia masih berusia 16 tahun dan merupakan anak tertua dari 5 bersaudara. Penyakit yang dideritanya dikenal dengan nama Tunagrahita atau retardasi mental.

Karena penyakit itu, dia kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan, dia juga tidak bisa untuk mengucapkan kata-kata seperti anak sebayanya sejak usia 1 tahun.

"Tadi sudah kita bawa ke RSUD Doris Sylvanus. Tadi juga sudah rontgen, cek darah dan pasang infus untuk masukan nutrisinya. Kami respon cepat bersama Dinkes dan pihak kelurahan karena anak itu sangat perlu penanganan cepat," kata Kadinsos Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza melalui Kasi Rehsos Anak dan Lansia, Ekha Raya E Dohong, Minggu, 9 Agustus 2020.

Ekha mengatakan, selain penyakit itu, Jani juga mengalami gangguan kepercayaan diri. Bahkan untuk dibawa ke rumah sakit harus dibujuk dan diberi motivasi.

"Ayahnya baru meninggal 4 bulan yang lalu sedangkan ibunya juga mengalami kendala komunikasi yang kadang-kadang tidak nyambung dengan pembicaraan," tuturnya.

Terkait penangananya, lanjut Ekha, pemerintah Kota Palangka Raya telah merencanakan untuk memperbaiki kondisi gizinya terlebih dulu di RSUD Doris Sylvanus. Selanjutnya, akan dirujuk ke RS Kalawa Atei dan menjadi pasien bersama antara rumah sakit tersebut. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru