Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Percepat Penyaluran Dana Desa

  • Oleh Nopri
  • 11 Agustus 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran meminta semua komponen pemerintah dari tingkatan kepala desa hingga tenaga ahli pendamping desa, mempercepat penyaluran dana desa. 

"Sehingga fungsi dan peran pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini dapat lebih ditingkatkan agar mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak," kata Gubernur Sugianto Sabran, Selasa, 11 Agustus 2020.

Gubernur menuturkan, dalam rangka mendukung pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa sebagai ketahanan ekonomi masyarakat desa, pemerintah kabupaten harus aktif melalukan pengawasan dan pembinaan agar BUMDes bisa tumbuh dan berkembang lebih baik.

"Saya ingin desa-desa di Kalteng ini mandiri dan maju. Jika nanti ada desa yang maju, akan kami bantu untuk lebih maju lagi," ungkapnya. 

Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2020 yang dipersiapkan untuk DD Kalteng mencapai Rp1,4 triliun lebih. Anggaran ini akan dialokasikan untuk 1.433 desa yang tersebar di 13 kabupaten di Kalteng. 

"Dilihat dari besarnya alokasi anggaran DD tersebut, tentunya diperlukan pengawasan dan pengamanan yang lebih intensif dari pihak-pihak terkait. Sehingga, dapat memberi keyakinan yang lebih memadahi bahwa DD dipergunakan sesuai ketentuan perundang-undangan," tutupnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru