Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Siapkan SDM Sebelum Terapkan Transformasi Digital

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Agustus 2020 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebelum tranfsornasi ditigital terhadap sistem pemerintahan dalam pelayanan publik, diterapkan.

"Untuk saat ini kita menyiapkan dulu kajiannya, dalam artian master plan dan lainnya. Setelah itu, kita bangun infrastrukturnya di antaranya seperti fiber optik yang harus terakses di seluruh OPD," kata Kepala Diskominfo-Persandian Sukamara, Abdul Karim, 13 Agustus 2020.

Kemudian, adanya integrasi data setiap organisasi perangkat daerah untuk menuju big data.

"Terkait SDM, tentu kita kedepan akan mengusulkan kepada pimpinan untuk pemberian pelatihan, entah itu dengan sistem virtual atau bagaimana," ujarnya.

Menurut dia, pelatihan tersebut bertujuan agar pegawai yang ditunjuk bisa mengimplementasikan aplikasi atau sistem informasi yang sudah ada, mengingat aplikasi yang digunakan terdapat dua macam.

"Yang pertama aplikasi umum dan aplikasi khusus, aplikasi umum ini adalah aplikasi yang dibangun atau dibuat oleh pemerintah pusat kemudian diberbagipakaikan kepala daerah untuk digunakan," ujarnya.

"Sedangkan aplikasi khusus itu aplikasi yang dibangun oleh pemerintah daerah yang lingkupnya hanya lingkup pemerintah daerah," tambah Karim. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru