Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siaga Karhutla, Wakil Bupati Murung Raya Cek Kesiapan Armada dan Personel Damkar

  • Oleh Trisno
  • 25 Agustus 2020 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor didampingi Sekda Hermon mengecek kesiapan armada serta personel petugas pemadam kebakaran (Damkar) guna memastikan kesiapan menghadapi Karhutla musim kemarau ini.

"Kita sudah memasuki siaga karhutla dan bencana. karena bencana ini kan setiap saat bisa terjadi. oleh karena itu, perlu kesiapan oleh personil yang ada," Kata Rejikinoor saat diwawancarai awak media di halaman Kantor Damkar, Jalan Yani Kota Puruk Cahu, Senin, 24 Agustus 2020.

Rejikinoor mengatakan, dirinya tidak ingin di dalam pelaksanaan tugas pananganan karhutla tersebut, personil maupun peralatan Damkar tidak siap ketika saat diperlukan nantinya.

"Kami lihat ada beberapa alat yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, kami melakukan rapat koordinasi dengan Satpol-PP dan Damkar dalam rangka penegasan terkait hasil kunjungan hari ini," Tegas Rejikinoor yang akrab disapa Kinoi itu.

Sementara itu, berdasarkan hasil pengecekan oleh Wabup tersebut. Ada satu unit mobil armada yang dikatakan oleh pihak Damkar siap dioperasionalkan. Tetapi setelah dicoba untuk dinyalakan mesinnya. Namun tidak bisa dinyalakan.

"Itu artinya tidak ada kesiapan, kita tidak ingin mobil yang lain mengalami nasib yang sama. Kita optimalkan supaya mobil armada ini bisa berfungsi ketika diperlukan dalam keadaan gawat," Tuturnya.

Selain itu, Wabup juga menyampaikan bahwa seluruh personil Damkar ini akan dilakukan simulasi penanganan Karhutla. Serta akan diberikan pelatihan paling tidak satu kali dalam tiga bulan supaya para petugas Damkar ini tidak kaku setelah menangani Karhutla.

"Untuk jumlah personil kita cukup memadai, tinggal bagaimana para personil diberikan pelatihan mentar maupun fisik supaya mereka sigap dalam menangani karhutla," tandasnya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru